INSTALASI DAN KONSULTASI OUTBOUND

Bagi anda yang memiliki cukup dana untuk membangun Bisnis Outbound lengkap dengan wahanannya, ANTARES  juga menyediakan jasa Konsultasi dan Instalasi Wahana Outbound. Program ini cocok bagi anda yang sudah memiliki bisnis dibidang Resto/Rumah Makan, karena program ini akan sangat membantu anda mengembangkan bisnis tersebut.  Berikut sedikit mengenai pola dasar pengembangan bisnis outbound dalam program kami.

SUMBER DAYA MANUSIA
    Sebelum sebuah usaha outbound dijalankan, persiapan SDM yang memadai harus menjadi perhatian penting, agar investasi financial tidak menjadi sia – sia. Keberadaan SDM yang memadai akan menentukan apakah kegiatan yang diselenggarakan berjalan sesuai harapan atau tidak. SDM yang mampu memenangkan hati calon klien dan klien akan membuat agenda promosi menjadi semakin mudah, karena peroses pengembangan jaringan dalam bisnis outbound sama dengan bisnis jasa yang lainnya yang lebih banyak menggunakan Satisfy Story dari service yang dilakukan sebelumnya. Untuk itu, SDM yang sanggup memberikan pelayanan lebih, dialah yang akan memenangkan pasar. Pengembangan SDM bisa dilakukan sendiri dengan menghadirkan leader yang berkompeten dalam bidang outbound baik manajemen, pemasaran dan promosi maupun service and delivery. Pengembangan SDM juga bisa dilakukan dengan membuka jaringan dengan pihak lain dengan konsep freelance.

PROGRAM
    Produk utama dalam bisnis outbound adalah program. Program – program yang dibuat harus mampu menjangkau berbagai kalangan mulai anak – anak hingga kaum eksekutif.  Program – program harus dirancang dengan  mengedepankan value added yang tinggi serta garansi kepuasaan ( satisfaction guaranteed ). Variasi program yang cerdas dan, kreatif merupakan daya tarik utama. Sebagai produk utama, program juga harus selalu mengalami proses inovasi bukan hanya sesuai dengan trend tetapi harus juga mampu menjadi trendsetter. Dengan demikian, peluang untuk meraih kuantitas serta kualitas jaringan akan lebih tinggi.

MARKETING
Proses pemasaran program outbound dapat ditempuh dengan banyak cara. Service Excellent is the perfect marketing plan ! Sebuah ungkapan dalam dunia bisnis itu adalah hal mutlak yang harus dimiliki. Dengan memberikan pelayanan terbaik. Kita telah melakukan pemasaran yang sempurna. Metode – metode praktis yang ditempuh dalam memasarkan program outbound antara lain:

a.    Promo Visual
Pemasaran dengan melakukan promo visual saat ini memang tidak menduduki porsi yang sangat – sangat urgen, karena konsumen pada umumnya telah dijejali dengan promo serupa. Namun untuk usaha tahap awal, promo visual dibutuhkan sebagai ajang untuk memperkenalkan keberadaan/eksitensi. Promo visual dilakukan dengan leaflet / booklet, panflet, papan reklame, banner serta promo di media cetak.

b.    Website / Internet
Salah satu media yang sangat popular dewasa ini dalam memasarkan berbagai macam produk tak terkecuali program outbound adalah internet. Dalam bisnis outbound yang lebih dari 50 % pasarnya adalah kelas menegah ke atas, penggunaan internet sebagai media promosi akan mempengaruhi cara pandang calon klien terhadap lokasi maupun provider yang akan dipilihnya. Saat ini, media internet memang merupakan papan iklan terlengkap bagi konsumen apapun. Oleh sebab itu, provider mutlak memiliki website sendiri atau sekurang – kurangnya blog atau apapun itu namanya. Dengan demikian, calon konsumen / klien yang berada jauh dan sulit dijangkau akan bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang semua program yang ditawarkan. Melalui website, provider juga bisa mengetahui testimony atau tanggapan dari klien yang telah dilayaninya. Provider juga memiliki ruang yang tidak terbatas untuk memasukan data, promosi, program hingga dokumentasi.

c.    Proposal
Dari semua metode marketing, menggunakan proposal penawaran yang ditujukan kepada calon klien merupakan cara yang paling efektif. Provider bisa melakukan pemetaan klien serta bisa menghitung target yang akan dicapainya. Isi proposal yang spesifik dan rinci akan membatu klien untuk menemukan informasi se-detil mungkin tentang program yang ditawarkan. Proposal yang dibuat secara khusus untuk setiap klien berbeda akan memberi kesan perstise dalam diri klien. Proses ekspresi bagi provider pun akan tersampaikan secara maksimal. Terlebih ekspresi kedekatan dengan calon klien.

d.    Jaringan dan Agen
Penguatan jaringan sangat – sangat penting untuk membangkitkan kepercayaan calon klien. Testimoni yang diperoleh klien dari jaringannya akan sangat membantu ia untuk mengambil keputusan dalam memilih lokasi dan provider outbound. Jaringan juga termasuk agen perjalanan wisata ( Tour ) atau Event Organizer ( EO ) yang memang sudah sering atau sekurang – kurangnya juga menyediakan layanan outbound dan adventure. Dengan memiliki jaringan yang memadai, kerja marketing akan menjadi sangat – sangat mudah.

e.    Penciteraan / Image
Penciteraan sangat penting dalam membangun kesan awal di mata klien. Segencar apapun promo yang dibuat, jika penciteraan tidak mengena maka akan sulit mendapatkan kesan positif bagi klien baru. Pemilihan nama, logo, slogan dan arsitektur lokasi serta bebarapa aspek yang tampak merupakan bagian dari pematrian citra / image. Harus ada roh dari komponen – komponen yang disebutkan di atas yang membuat orang ‘ingin datang’ dan ‘ingin datang lagi’. Konsep yang matang serta kreatif akan melahirkan penciteraan yang kuat. Kunci awal orang memilih adalah terkesan, kemudian tertarik, dan akhirnya memutuskan untuk memilih.

PENGEMBANGAN
    Banyak orang yang ragu untuk menjalankan bisnis outbound karena tidak yakin dengan keberlangsungannya. Mereka beranggapan bahwa usaha outbound adalah usaha sesaat yang akan mati seiring trend yang berubah. Nah, itulah gunanya SDM yang memadai. Sebagai provider, penyelenggara outbound memiliki daya jangkau yang sangat luas asalkan ia sanggup untuk mengembangkannya. Intinya terletak pada inovasi program. Pasar selalu terbuka dan trend selalu meningkat. Bahkan provider yang tidak memiliki sejengkal tanah sebagai lokasi kegiatan bisa dengan pesatnya berkembang. Bereksplorasi dengan alam yang membentang luas dan eksotis seperti yang ada di Indonesia merupakan peluang yang sayang jika dilewatkan. Berbagai event berskala nasional bahkan internasional sangat mungkin dimotori oleh provider outbound yang memang memiliki wawasan ke arah sana. Selain itu, promo lintas wilayah dengan memanfaatkan media komunikasi yang semakin memperpendek jarak akan membuka peluang yang sangat – sangat luas bagi siapapun yang memang ingin secara professional bergelut di dalamnya. Yang dibutuhkan adalah keberanian untuk bereksplorasi, maka dia akan mendapat bagian yang lebih banyak dari kasanah alam Indonesia

1 comment:

  1. Kalo Ke Yogya coba datang dan Berkunjung ke Desa Wisata Kawasan Pasar Perjuangan Srowolan/Sorowulan. Disana ada tiga lokasi outbound sekaligus yg berada dalam satu kawasan ( Banyu Sumilir Outbound Center - Karangasri Odventure Service - Shaba Outbound )
    Post BY PASAR PERJUANGAN SROWOLAN / SOROWULAN

    ReplyDelete

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More